Tanaman Pangan

Tanaman pangan merupakan tanaman yang dapat dimanfaatkan dan diolah untuk memenuhi kebutuhan makanan bagi manusia dan mampu menghasilkan produksi yang mengandung karbohidrat dan protein utama sebagai sumber makanan pokok bagi manusia.

Komoditi Tanaman pangan

Tanaman pangan adalah semua jenis tanaman yang mengandung karbohidrat dan protein sebagai sumber energi. Tanaman pangan merupakan tanaman utama yang dikonsumsi manusia sebagai makanan untuk memberikan asupan energi bagi tubuh.

Tanaman pangan dibudiayakan untuk memenuhi kebutuhan yang tinggi bagi kehidupan. Idealnya tanaman pangan dibudidayakan pada daerah yang membutuhkan agar ketersediaannya bagi masyarakat dapat terpenuhi. Tanaman pangan merupakan sektor penting dalam bidang agrikultura, karena kelompok tanaman ini yang menghasilkan bahan pangan sebagai sumber energi untuk menopang kehidupan manusia.

Komoditi hasil tanaman pangan dikenal dengan kandungan karbohidratnya yang tinggi sebagai sumber energi. Tanaman pangan dapat diolah menjadi makanan yang mengandung karbohidrat. Karbohidrat ini akan dipecah kedalam bentuk yang lebih sederhana sehingga dapat diserap dan dimanfaatkan dalam proses metabolisma tubuh.

Karbohidrat sebagai sumber energi diproses dalam bentuk monosakarida yang selanjutnya akan diserap tubuh kedalam aliran darah. Gula dalam aliran darah inilah yang nantinya dapat diproses lebih lanjut untuk menjadi sumber energi bagi tubuh.

Tanaman pangan selain sebagai sumber energi, juga bermanfaat dalam regenerasi sel dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin dan beberapa mineral dalam bahan pangan akan membantu me-regenerasi sel sehingga tercipta sel-sel baru.

Selain itu kandungan protein dan lemak-baik serta vitamin dalam beberapa bahan pangan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terinfeksi penyakit serta membuat ketahanan imun yang baik dalam tubuh. Tubuh menjadi tidak gampang sakit karena kebutuhan gizi tercukupi melalui bahan pangan yang dikonsumsi. Tanaman pangan yang diolah sebagai bahan pangan bagi manusia dapat memperpanjang kehidupan karena manusia memperoleh energi dari makanan untuk menjalani aktivitasnya sehari-hari.

Tanaman Pangan dikelompokkan menjadi tiga (3) jenis, yaitu; Serealia, Kacang-kacangan, dan Umbi.


Serealia

Tanaman serealia berasal dari kata sereal atau biji-bijian. Pengertian serealia merupakan sekelompok tanaman yang ditanam untuk dipanen biji atau bulirnya sebagai sumber karbohidrat. Kebanyakan jenis tanaman pangan serealia merupaakan anggota dari suku padi-padian. Tanaman serealia utama merupakan anggota tanaman dengan nilai ekonomi tinggi.

Serealia merupakan tanaman yang paling banyak dibudidayakan di dunia dalam jumlah yang besar karena menjadi sumber energi bagi manusia dan ternak.

Biji pada tanaman serealia merupakan tipe buah khusus yang disebut karyopsis. Tanaman serealia memiliki banyak spesies sehingga kandungan zat gizi pada serealia sangat bervariasi tergantung dari spesies tanamannya. Namun pada dasarnya tanaman serealia mengandung lebih banyak karbohidrat, protein yang cukup serta kadar lemak yang rendah dan kaya akan serat kasar.

Selain karbohidrat, jenis tanaman pangan serealia juga kaya akan vitamin B kompleks dan E serta beberapa mineral seperti magnesium, besi dan zenk yang dibutuhkan juga oleh tubuh.

Kacang-kacangan

Tanaman kacang-kacangan tergolong kedalam jenis tanaman pangan yang sering dijumpai diseluruh dunia. Berbeda dengan kandungan pada serealia yang sebagian besar adalah karbohidrat, pada jenis tanaman pangan kacang-kacangan juga mengandung karbohidrat tetapi lebih banyak mengandung protein, vitamun, mineral dan lemak sehat.

Hal tersebut menjadikan kacang-kacangan sering diolah sebagai sumber pangan pelengkap, walaupun yang tetap masuk dalam golongan tanaman yang dapat digunakan sebagai bahan pangan.

Kacang-kacangan memiliki biji dengan ukuran yang lebih besar dibandingan serealia yang dapat digunakan sebagai sumber pangan bagi manusia dan ternak. Tanaman yang berasal dari famili Fabaceae ini mengandung serat pangan terlarut yang dapat membantu menurukan kadar kolestrol dalam darah.

Kacang-kacangan dapat dijadikan sebagai sumber energi yang mengandung banyak nutrisi penting seperti protein, karbohidrat komplesk, zat besi, folat dan vitamin.

Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi kacang-kacangan dapat menurunkan kadar kolestrol karena adanya kandungan asam lemak dan omega tiga didalamnya sehingga bermanfaat bagi kesehatan manusia. Kacang juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga cocok sebagai bahan makanan untuk menurunkan berat badan.

Umbi

Umbi-umbian merupakan jenis tanaman pangan yang digunakan sebagai sumber bahan makanan pokok karena mempunyai kandungan karbohidrat dalam bentuk pati dan kandungan serat yang tinggi.

Umbi merupakan organ atau bagain dari tanaman yang mengalami perubahan ukuran dan bentuk sehingga mengalami pembengkakan sebagai akbiat dari perubahan fungsinya.

Perubahan bentuk ini juga berkabiat pada anatominya khususnya pada batang, akar dan modifikasinya. Umbi biasanya terbentuk tepat dibawah permukaan tanah.

Umbi-umbian pada beberapa daerah di Indonesia juga dapat menjadi bahan pangan utama karena kandungan karbohidratnya yang tidak berbeda jauh dengan padi. Beberapa contoh umbi batang juga terkenal baik untuk melancarkan pencernaan.

Tanaman Pangan di Indonesia (data th. 2015)

0
(ton/th.) Produksi Padi
0
(ton/th.) Produksi Kedelai
0
(ton/th.) Produksi Jagung
0
(ton/th.) Produksi Kcg Hijau
0
(ton/th.) Produksi Ubi Kayu