Program

Agrikultura Indonesia

Agrikultura

Penerapan Riset dan Inovasi untuk peningkatan produksi di bidang agrikultura

Digitalisasi

Jaringan kerjasama, terhubung, dan saling mendukung di bidang agrikultura

Kebijakan

Hasil kajian, analisis kebijakan yang perlu diterapkan di bidang agrikultura

Latar Belakang

 

Dengan kondisi alam sebagai negara kepulauan, dengan luas perairan yang lebih besar dari daratan, dan dianugerahi dengan sebagian besar lahan yang subur, serta posisi geografis di wilayah katulistiwa, dengan sinar matahari yang bersinar sepanjang tahun, Indonesia memiliki potensi untuk menjadi negara produsen agrikultura yang besar.

Teknologi memegang peranan yang penting dalam memberdayakan potensi yang ada, serta untuk meningkatkan produktifitas agrikultura. Penerapannya, bukan hanya di bidang kegiatan usaha produksi secara langsung, tatapi juga di infrastrukur dan ekosistem pendukung agrikultura secara menyeluruh. Pesatnya kemajuan di bidang teknologi Informasi, merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkan untuk lebih meningkatkan hasil produksi agrikultura.

Program ini bertujuan untuk menyatukan kegiatan agrikultura secara menyeluruh, terhubung, terintegrasi, dan saling mendukung, sehingga dapat dihasilkan produktifitas agrikultura yang tinggi dan berdaya-saing.

Permasalahan

Informasi tentang Teknologi dan Data, yang Update dan Real-Time

Teknologi agrikultura, dari mulai pembibitan, sampai dengan panen, dan bahkan paska-panen, kurang mampu diakses oleh praktisi usaha agrikultura. Khususnya status terkini, yang telah dihasilkan oleh para penggiat riset dan inovasi.

Demikian pula data mengenai keberadaan komoditas lain, baik yang sejenis, maupun yang lain, yang diperlukan untuk strategi produksi dan pemasaran. Komoditas apa yang belum ada atau kurang pasokan, dan juga sebaliknya yang sudah over-supply.

Dan yang tidak kalah pentingnya, adalah data tentang kondisi jenis lahan, iklim, dan curah hujan. Sehingga kegiatan usaha agrikultura dilakukan juga berdasarkan kesesuaian ekosistem alam, bukan hanya kepopuleran.

Dukungan Pendanaan dan Kebijakan

Pendanaan adalah masalah yang sampai sekarang sering membelit para praktisi agrikultura, terutama yang bermodal kecil, sehingga banyak yang terjerat lilitan hutang kepada rentenir, dan atau terpaksa menjual hasil usahanya dengan sistem ijon.

Demikian juga tentang aturan dan kebijakan, yang karena keterbatasan akses, tidak mampu menampung aspirasi sebagian besar praktisi agrikultura, dan juga informasi sistem pendukung kegiatan agrikultura lainnya.

Solusi

terhubung dan saling mendukung

Program kegiatan ini bertujuan untuk membangun jaringan yang menyeluruh, terintegrasi, dan saling mendukung, yang menghubungkan praktisi agrikultura, penggiat riset dan inovasi, penyandang dana, serta pemangku kebijakan.

Dengan adanya hubungan langsung, semua pihak dapat saling kontak langsung, mengungkapkan pemasalahan serta memberikan solusi kepada pihak lain, baik berupa pelayanan, teknologi, data, dana, serta peraturan atau kebijakan, sehingga menambah ketangguhan, dan kemandirian agrikultura Indonesia.

Digitalisasi Ekonomi Hijau dan Biru

adil, menyeluruh, terhubung, terintegrasi, dan saling mendukung

Praktisi agrikultura, penggiat riset dan inovasi, peyandang dana, dan pemangku kebijakan.


Pendataan komoditas agrikultura, lokasi, lahan, iklim, ekonomi, dan teknologi.


Penyusunan model jaringan yang terhubung, real-time, terbuka, terintegrasi.


  • Data Komoditi, Lahan, Geografi, dan Iklim
  • Logistik dan Transportasi
  • Penyandang Dana dan Crowdfunding
  • Infrastruktur Sistem Informasi dan Big-Data
  • Kecerdasan Buatan (AI) dan Internet of Things
  • Network, Apps, DApps, dan Advanced-Security
  • BRIN
  • Bappenas
  • Kementrian Pertanian
  • Kementrian Kelautan dan Perikanan
  • Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
  • Kementrian Perindustrian

Agrikultura Indonesia

tumbuh bersama, terhubung, terbuka, adil, bersinergi, dan saling menguntungkan

Tim

penanggung-jawab kompetensi

?

Teknologi Agrikultura

………….

?

Teknologi Digital

………..

?

Kebijakan Teknologi

…………..